Thursday, October 16, 2014

TUGAS PERTEMUAN PERTAMA

Uraikan secara singkat dan jelaskan maksud dari pertanyaan di bwah ini !

1. Dari uraian singkat definisi Informasi yang anda ketahui kebetuhan informasi apa yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemenya.

Sebut dan jelaskan hal tersebut berikut contoh perusahaan yang memanfaatkan informasi tersebut !

Jawab :


Informasi adalah data-data yang telah diolah sehingga dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Kebutuhan Informasi didasarkan pada, antara lain  :

  Ø Untuk kegiatan aktivitas organisasi yang semakin kompleks .
  Ø Untuk mengontrol operasional beberapa organisasi .
  Ø Kegiatan bisnis yang semakin meningkat dan kompleks .

Contoh : Pada perusahaan mie instant Indofood yang memiliki lebih dari 1000 pabrik dan   tersebar diseluruh Indonesia tidak dapat mengamati unsur fisik (penjual, karyawan, pelanggan, dsb) secara langsung. Manajer akan menggunakan tampilan laporan sebagai informasi untuk mengetahui keberadaan perusahaan dan pabrik. Dengan demikian informasi merupakan sumber yang paling penting bagi seorang manajer.

2. Sebut dan jabarkan lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen !

Jawab :
·      Manusia
Manusia berperan penting dalam proses pengeolalaan Manajemen, karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.

·      Material
Material merupakan salah satu sumber yang bisa dikelola seorang Manajer untuk dijadikan barang modal yang akan di proses dalam sistem informasi manajemen ataupun perusahaannya sendiri untuk ditransaksikan

·      Teknologi 
Merupakan salah satu sumber penghasilan dan penyempurnaan dari material yang sudah diolah dan bisa   menjadikan sebuah alat yang bisa mendatangkan keuntungan dari hasil proses dan transaksi yang dilakukan. dan bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.

·      Keuangan
Merupakan Modal yang sangat penting dalam menunjang aktivitas dan keseimbangan proses manajemen yang diterapkan serta menjadi sebuah sarana penting dalam sebuah perusahaan.

·      Informasi
Merupakan data data yang perlu disimpan dan diolah karena sangat penting, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan didistribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat fatal jika ditanggapi dengan salah.

3. Elemen lingkungan adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/tak langsung pada perusahaan.

Sebut dan jelaskan elemen manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik !

Jawab :


1.  Variabel Sosial

- Faktor demografik/demografis : seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan               penduduk suatu wilayah atau area.
- Faktor gaya hidup : selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain         sebagainya.
- Faktor nilai sosial : adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain.
  1.  Variabel Ekonomi
Berkaitan erat dengan indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi, produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.
  1.  Variabel Politik
Faktor-faktor yang terkait dengan kondisi atau iklim perpolitikan di suatu daerah.
  1.  Variabel Teknologi
Kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien.

Elemen Lingkungan yang berhubungan dengan Perusahaan dalam hal ini Elektronik adalah sebagai berikut:

    ü  Internet
    Dengan Menggunakan Internet sebuah perusahaan dapat mengetahui pangsa pasar modal,serta pengiriman, pendistribusian barang/jasa/sumber daya dapat dikelola dengan baik. 
ü   Telepon / Handphone
Dengan Telepon/Handphone dapat membuat sebuah perusahaan bisa saling terhubung dan sebagai media antar perusahaan satu dengan yang lain ataupun dengan konsumen.
ü  Faximille/Telegram
  Faximille/Telegram sebuah perusahaan dapat mengirimkan dan menerima informasi informasi terkait walaupun dengan proses yang terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.
ü  Jaringan Komputer Kabel/Nirkabel
Jaringan Komputer dapat digunakan setiap perusahaan dengan konsumen ataupun dengan instansi tertentu untuk membuat sebuah kerjasama manajemen yang baik.

Referensi :



Tri Coollzz

About Tri Coollzz

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :