1. Sebutkan dan
Jelaskan Properti Sistem Yang Memberikan Keamanan untuk sebuah System !
Jawab :
Properti Sistem Yang Memberikan Keamanan Sebuah system harus
mempunyai tiga property (sifat), yaitu :
Ø Integritas, system akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut
spesifikasinya. Perancang system berusaha untuk mengembangkan system yang
mempunyai integritas fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi,
apabila salah satu atau lebih dari komponennya tidak berjalan.
Ø Audibilitas, ia akan bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan
accountability (daya perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah
bagi seseorang untuk memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
Ø Daya kontrol, daya kontrol memungkinan manajer untuk menangani
pengerahan atau penghambatan pengaruh terhadap system. Teknik yang efektif
untuk mendapatkan daya kontrol system ini adalah dengan membagi system menjadi
subsistem yang menangani transaksi secara terpisah.
2. Komputer yang
ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari
pada komputer yang ada didalam suatu ruangan, sebutkan dan jelaskan area
kontrol untuk komunikasi data !
Jawab :
Kontrol pengoperasian sistem dimaksudkan untuk mencapai
efisiensi dan keamanan. Kontrol yang memberikan kontribusi
terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi
5 area :
a. Struktur organisasional
Staf pelayanan
informasi diorganisir menurut bidang spesialisasi. Analisis, Programmer,
dan Personel operasi biasanya dipisahkan dan hanya mengembangkan ketrampilan yang diperlukan untuk area
pekerjaannya sendiri.
b. Kontrol perpustakaan
Perpustakaan
komputer adalah sama dengan perpustakaan buku, dimana di
dalamnya ada pustakawan, pengumpulan media, area tempat penyimpanan media dan prosedur untuk menggunakan media tersebut.
Yang boleh mengakses perpustakaan media
hanyalah pustakawannya.
c. Pemeliharaan Peralatan
Orang yang tugasnya memperbaiki computer yang disebut Customer Engineer
(CE) / Field Engineer (FE) / Teknisi Lapangan menjalankan pemeliharaan yang
terjadwal / yang tak terjadwal.
Orang yang tugasnya memperbaiki computer yang disebut Customer Engineer
(CE) / Field Engineer (FE) / Teknisi Lapangan menjalankan pemeliharaan yang
terjadwal / yang tak terjadwal.
d. Kontrol lingkungan dan keamanan
fasilitas
Untuk menjaga investasi dibutuhkan kondisi lingkungan yang khusus seperti ruang computer harus bersih keamanan fasilitas yang harus dilakukan dengan penguncian ruang peralatan dan komputer.
Untuk menjaga investasi dibutuhkan kondisi lingkungan yang khusus seperti ruang computer harus bersih keamanan fasilitas yang harus dilakukan dengan penguncian ruang peralatan dan komputer.
e. Perencanaan disaster
i. Rencana Keadaan darurat
Prioritas
utamanya adalah keselamatan tenaga kerja perusahaan
ii. Rencana Backup
Menjelaskan bagaimana perusahaan dapat melanjutkan operasinya dari ketika
terjadi bencana sampai ia kembali beroperasi secara normal.
Menjelaskan bagaimana perusahaan dapat melanjutkan operasinya dari ketika
terjadi bencana sampai ia kembali beroperasi secara normal.
iii. Rencana Record Penting
Rencana ini mengidentifikasi file data penting & menentukan tempat penyimpanan
kopi duplikat.
Rencana ini mengidentifikasi file data penting & menentukan tempat penyimpanan
kopi duplikat.
iv. Rencana Recovery
Rencana ini mengidentifikasi sumber-sumber peralatan pengganti, fasilitas
komunikasi da pasokan-pasokan.
Rencana ini mengidentifikasi sumber-sumber peralatan pengganti, fasilitas
komunikasi da pasokan-pasokan.
3. Prototype
dapat memberikan ide bagi pembuat dan pemakai potensial tentang cara system
berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses akan menghasilkan prototype
(prototyping), sebutkan dan jelaskan jenis – jenis prototype !
Jawab :
Jenis – jenis Prototype :
A.
Jenis I , akan menjadi sistem opersional.
Langkah – langkahnya :
v Mengidentifikasi kebutuhan user.
v Mengembangkan prototype.
v Menentukan apakah prototype dapat diterima.
v Menggunakan prototype.
B.
Jenis II , langkah – langkahnya :
v Mengadakan sistem operasional.
v Menguji sistem operasional.
v Menentukan jika sistem operasional dapat diterima.
v Menggunakan sistem operasional.
4. Sebutkan dan
jelaskan sumber daya informasi perusahaan
Jawab :
SUMBER DAYA INFORMASI PERUSAHAAN
Macam- macam Sumber Daya Informasi
:
1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Hardware merupakan element dari sistem computer.
Merupakan perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
2. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau
dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk
menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen
dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau
dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa
sehingga computer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung
didalamnya.
3. SPESIALIS INFORMASI
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk
mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab
mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.
4. PEMAKAI (MANUSIA)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk
akhir suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah
pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.
5. FASILITAS (MESIN)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan
mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan
fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.
6. DATABASE
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data
yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di
perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak.
Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan
batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah
satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam
menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
7. INFORMASI
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan
yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data
adalah representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia
(pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang
direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau
kombinasinya.
5. Sebutkan dan
jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai manajemen mutu !
Jawab :
Tahapan - tahapannya :
1. mengidentifikasikan pelanggan IS
2. menentukan kebutuhan kualitas
3. menetapkan metrik kualitas
4. menentukan strategi kualitas IS
5. menerapkan program kualitas IS
6. memantau kinerja kualitsa IS
Daftar Pustaka
: