Monday, December 8, 2014

TUGAS PERTEMUAN KE TIGA

1.    Sebutkan macam - macam pemrosesan data! Jelaskan!
Jawab :
Ø Pengolahan Batch yaitu mengumpulkan data terlebih dahulu kemudian diproses sekaligus.
Ø Pengolahan On-Line yaitu setiap data yang diinput langsung di dapat output atau hasilnya.
Ø Sistem Real Time yaitu sama seperti pengolahan On-Line hanya saja data yang di update sesuai dengan perubahan waktu.


2.    Jelaskan peranan alat input, output, software dalam memecahkan masalah !
Jawab :
a)  Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberika komunikasi antara manager dengan komputer.
b)  Peralatan input, seperti unit MIRC dan ORC memberikan cara untuk memasukkan data ke dalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
c)  Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
d)  Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.

3.    a. Apa pengertian  dari E-commerce !
Jawab :
Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.


 b. Sebutkan  keuntungan dan kerugian dari  E-commerce(min 3)!
Jawab :
1.    Keuntungan e-commerce di antaranya:
a)    Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
b)    Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
c)    Menurunkan biaya operasional (operating cost).
d)    Melebarkan jangkauan (global reach).
e)    Meningkatkan customer loyality.
f)     Meningkatkan supplier management.
g)    Memperpendek waktu produksi.
h)    Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Jika dipandang dari pelaku-pelaku dalam e-commerce, keuntungannya yaitu:
a)    Bagi Perusahaan, memperpendek jarak, perluasan pasar, perluasan jeringan mitra bisnis dan efisiensi, dengan kata lain mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif, serta mengurangi  biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas,  seperti  biaya pos  surat, pencetakan, report, dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan pendapatan.
b)    Bagi Konsumen, efektif, aman secara fisik dan flexible
c)    Bagi Masyarakat Umum, mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan, membuka peluang kerja baru, menguntungkan dunia akademis, meningkatkan kualitas  SDM
Selain itu dengan adanya teknologi internet, kelebihan nilai bisnis ini antara lain:
a)    Menghasilkan pendapatan baru melalui penjualan online.
b)    Memperkecil biaya melalui penjualan dan dukungan pelanggan secara online.
c)    Menarik pelanggan baru melalui pemasaran dan iklan web dan penjualan secara online.
d)    Membuat produk-produk baru agar segera bisa diakses melalui web.
2.    Kerugian e-commerce di antaranya:
a)    Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
b)    Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
c)    Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
d)    Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
e)    Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
f)     Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
g)    Meningkatkan INDIVIDUALISME, pada perdagangan elektronik seseorang dapat bertransaksi dan mendapatan barang/jasa yang diperlukan tanpa bertemu dengan siapapun.
h)    Terkadang Menimbulkan Kekecewaan, apa yang dilihat dilayar monitor komputer kadang berbeda dengan apa yang dilihat secara kasat mata
i)      Tidak MANUSIAWI, sering sekali seseorang pergi ke toko & MALL tidak sekedar ingin memuaskan kebutuhannya akan barang/ jasa tertentu, akan tetapi bisa juga untuk refreshing, ketemu teman dan keluarga dan sebagainya.
4.    a. Apa yang anda ketahui tentang file, sebut & jelaskan tipe file!
Jawab :
File adalah Kumpulan dari record-record/statement-statement yang saling berhubungan atau Kumpulan informasi berkait yang diberi nama dan direkam pada penyimpanan sekunder.
Tipe-tipe File :
A.    Master file (berkas induk) adalah File yang berisi data yang relatif tetap.
Ada 2 jenis Master File :
1.    Reference master file adalah File yang berisi record yang tidak berubah / jarang berubah. Contoh File pelanggan yang berisi field : nomor rekening, nama dan alamat.
2.    Dynamic master file adalah File yang berisi record yang terus menerus berubah dalam kurun waktu tertentu atau berdasarkan suatu peristiwa transaksi. Contoh File stock barang, File pemesanan tempat duduk.
B.    Transaction file  (berkas transaksi) adalah File yang berisi record-record yang akan memperbaharui atau meng-update record-record yang ada pada master file. Meng-update dapat berupa: penambahan record, penghapusan dan perbaikan record.
C.   Report file (berkas laporan) adalah File yang berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user. File tersebut dapat dicetak pada kertas printer atau hanya ditampilkan dilayar.
D.   Work file (berkas kerja) Merupakan file sementara dalam sistem.  Suatu work file merupakan alat untuk melewatkan data yang dibuat oleh sebuah program ke program lain.  Biasanya file ini dibuat pada waktu proses sortir.
E.    Program file (berkas program) adalah File yang berisi instruksi-instruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada file lain atau pada memori utama. Instruksi-instruksi tersebut dapat ditulis dalam bahasa tingkat tinggi (COBOL, FORTRAN, BASIC dll), bahasa assembler dan bahasa mesin.
F.    Text file (berkas teks) adalah File yang berisi input data alphanumerik dan grafik yang digunakan oleh sebuah text editor program.  Text file hanya dapat diproses dengan text editor.
G.   Dump file (berkas tampung) adalah File yang digunakan untuk tujuan pengamanan (security), mencatat tentang kegiatan peng-update-an, sekumpulan transaksi yang telah diproses atau sebuah program yang mengalami kekeliruan.
H.   Library file (berkas pustaka) adalah File yang digunakan untuk penyimpanan program aplikasi, program utilitas atau program lainnya.
I.      History file (berkas sejarah) adalah File ini merupakan tempat akumulasi dari hasil pemrosesan master file dan transaction file.  File ini berisikan data yang selalu bertambah, sehingga file ini terus berkembang, sesuai dengan kegiatan yang terjadi.

 b. Bagaiman system pengorganisasian database traditional berproses!
Jawab :
Sistem pengorganisasian database masih terpisah-pisah antara database satu dengan database lainnya, sehingga banyak akibat negative yang ditimbulkan, antara lain :
a)    Redudansi atau duplikasi data. Menyebabkan informasi menjadi kurang akurat, bahkan terjadi perbedaan karena data yang satu sudah di perbaharui sementara duplikatnya belum.
b)    Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang di gunakan untuk mengolah masing-masing database yang di bangun.
c)    Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang menyebabkan SI yang terbentuk menjadi kurang fleksibel.
d)    Keterpisahan database satu dengan lainnya mengakibatkan tingkat keamanan data menjadi rendah.

    5.    Jelaskan tiga tingkat representasi data & jelaskan!
Jawab :
1)    Level penyajian penampakan, representasi hasil pengolahan database menggunakan SI dalam format yang mudah di pahami oleh pemakai.
2)    Level konseptual, memperlihatkan file-file data yang dibuat dan hubungannya satu sama lain dalam sebuah lingkungan database.
3)    Level fisik, tahap terendah dari abstraksi data yang memperlihatkan struktur dan jenis data serta bagaimana data tersebut di simpan dan diorganisasikan dalam media penyimpanan.

Contoh dari penggunaan E-Commerce : 
Pembelian satu buah Kamera pada tanggal 08 Januari 2014 dengan harga Rp.1,625.000,00. Transaksi ini menggunakan system transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri Bank Mandiri. Berikut contoh bukti transfer dan barangnya :
 
Sumber : 
http://joehannaicha.blogspot.com/2012/11/tugas-minggu-ke-tiga.html 
http://yonaenjoy.blogspot.com/2012/11/macam-macam-pemprosesan-data.html 
https://flowrentina.wordpress.com/2012/12/04/softskill-sistem-informasi-manajemen-2/

Tri Coollzz

About Tri Coollzz

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :