Thursday, November 1, 2012

Balai Yasa Mekanik

Berawal dari perencanaan pembangunan sebuah Dipo Lokomotif namun tidak jadi karena beberapa pertimbangan yang akhirnya di fungsikan sebagai Balai Yasa Mekanik. Bangunan dengan 6 jalur KA yang sudah di lengkapi dengan turn table dan tower air ini sebelum bener-bener jadi Balai Yasa Mekanik awal mula hanya di fungsikan sebagai Garasi Mesin Berat di tahun 1990 sampai tahun 1997 , fungsinyapun akhirnya tidak hanya sebagai tempat parkir tapi juga sebagai tempat pemeliharaan mesin berat perawatan jalan rel sampai tahun 2000. Di tahun inilah baru kemudian di resmikan sebagai Dipo Mekanik Cirebon. Karena dipo ini ternyata tidak hanya menangani pekerjaan Preventif dan Maintenance namun lebih dari itu maka kemudian di usulkan menjadi Balai Yasa Mekanik yang kala itu belum ada

Sekarang Balai Yasa ini sudah merawat kurang lebih 43 unit mesin berat dari berbagai tipe dengan tenaga ahli yng profesional dan bergerak di bidangnya masing-masing, ada bagian engine yang menangani mesin penggerak utama yang bertenaga disel, Mekanik yang menangani bidang part-part utama, Pnuematik di bidang angin dengan tenaga utama dari kompresor, dan terakhir Bidang Elektrik yag menangani kelistrikan, Kurang lebih ada 34 orang tenaga ahli di sana.
Balai Yasa Mekanik secara struktur organisasi berada di bawah Direktur Teknik dengan pembinaan Kepala Sub Direktorat Jalan Dan Jembatan Kantor Pusat PT Kereta Api (Persero). Adapun tampuk kepemimpinan di pegang oleh Kepala Balai Yasa yang membawahi 3 kepala urusan atau di singkat KR ,ada KR perencanaan, KR perawatan, KR perbengkelan. KR Perencanaan membawahi Bagian Administrasi (persoil, perkantoran, dan Teknik), Bagian gudang dan Bagian Keamanan. KR perawatan membawahi Bagian Engine, Mekanik, Pnuematic dan Electric.
Adapun tugas utama Balai Yasa Mekanik adalah memperbaiki dan merawat mesin berat secara berjangka (500 jam, 1000 jam, 2000 jam, 4000 jam. Adapun untuk perawatan 125 jam serta 250 jam di serahkan ke daerah masing-masing mesin berat itu di pekerjakan.

Hasil gambar untuk balaiyasa  mekanik

Tri Coollzz

About Tri Coollzz

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :