BAB.
1
Trend
Sistem
1.
Ekonomi
API
API (Application Programming Interface)
adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh
programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API
memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi
dengan sistem operasi lain. API juga merupakan sebuah bahasa dan format pesan
yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi
atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS)
atau komunikasi protocol. API sudah tersedia dan telah menjadi pengendali
bisnis.
2.
Pemasaran
Dimensi
Dimensi
dalam pemasaran :
Menurut
Tandjung (2004) empat dalam pemasaran adalah adalah:
a.
Bonding
Ketergantungan antara kedua belah pihak harus cukup kuat, sehingga hubungan keduanya dapat bertahan lama. Seorang pelanggan bila merasa tidak memiliki ketergantungan yang kuat terhadap penjual, maka kemungkinan pelanggan tersebut akan sering berganti pemasok.
Ketergantungan antara kedua belah pihak harus cukup kuat, sehingga hubungan keduanya dapat bertahan lama. Seorang pelanggan bila merasa tidak memiliki ketergantungan yang kuat terhadap penjual, maka kemungkinan pelanggan tersebut akan sering berganti pemasok.
b.
Empathy
Seorang penjual harus memiliki kepedulian (empathy) kepada pelanggan, artinya seorang penjualan hendaknya peduli terhadap permasalahan yang dihadapai pelanggan dan memperhatikan sudut pandang pelanggan dalam mengatasi suatu masalah.
Seorang penjual harus memiliki kepedulian (empathy) kepada pelanggan, artinya seorang penjualan hendaknya peduli terhadap permasalahan yang dihadapai pelanggan dan memperhatikan sudut pandang pelanggan dalam mengatasi suatu masalah.
c.
Reciprocity
Hubungan jangka panjang haruslah saling memberi dan menerima. Artinya, baik penjual maupun pelanggan sama-sama mendapat keuntungan. Pelanggan yang menginginkan diskon besar, tentunya harus mengimbangi dengan pembayaran tunai.
Hubungan jangka panjang haruslah saling memberi dan menerima. Artinya, baik penjual maupun pelanggan sama-sama mendapat keuntungan. Pelanggan yang menginginkan diskon besar, tentunya harus mengimbangi dengan pembayaran tunai.
d.
Trust
Trust lebih dari sekedar believe, meskipun kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir sama. Masing-masing pihak bila memiliki komitmen yang kuat, maka akan menciptakan rasa sangat percaya (trust) dan memperkuat hubungan.
Trust lebih dari sekedar believe, meskipun kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir sama. Masing-masing pihak bila memiliki komitmen yang kuat, maka akan menciptakan rasa sangat percaya (trust) dan memperkuat hubungan.
3.
Robot
Manusia
Robot Manusia atau Robot Humanoid adalah
robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu
melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang
dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala,
dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid
yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas.
Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan
'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika
menyerupai manusia.
Robot humanoid digunakan sebagai alat
riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur
dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari
robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan
pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah
bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi
sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan
ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal
ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
4.
Pekerja
Teknik Informatika bagi masa Depan
Informatika dapat secara jelas diartikan
sebagai perangkat yang menghasilkan informasi, lebih menunjuk pada jaringan
ataupun telekomunikasi. Komputer, menjadi salah satu contoh di dalamnya.
Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi membuat jaringan
telekomunikasi dan komputer menjadi bidang yang sangat penting dalam kehidupan
manusia. Perkembangannya tidak dapat dihentikan, apalagi menyurut. Perkembangan
teknologi informasi terus berkembang menuju ke atrah yang lebih baik, maksimal,
canggih dan efektif. Mengenai peluang kerja sarjana teknik informatika yang
sangat prospektif. Profesi pertama adalah programmer, dapat dikatakan sebagai
peluang kerja teknik informatika yang paling banyak ditemui, profesi kedua
yaitu IT Consultant atau konsultan TI, Web Engineer, System Analyst dan masih
lagi. Pada dasarnya, jurusan teknik informatika membimbing seseorang untuk
dapat mengembangkan berbagai program informatika dengan menggunakan bahasa
pemograman. Program – program komputer dirancang sedemikian rupa, untuk
memudahkan manusia dalam mengerjakan sesuatu.
5.
Contoh
Kasus
Contoh kasus dalam perkembangan robot
manusia. Di balik perkembangannya yang pesat, tumbuh ketakutan yang
memposisikan robot sebagai pesaing manusia selaku penciptanya. Perkembangan
teknologi robotika kian hari, kian menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.
Terkini, sebagian besar ilmuwan robot bahkan tengah berfokus mengembangkan
"humanoid", unit robot yang memiliki bentuk dan kemampuan fisik
layaknya manusia, serta dibekali dengan teknologi artificial intelligence (AI).
Namun di balik perkembangannya yang pesat, tumbuh ketakutan yang memposisikan robot sebagai pesaing manusia selaku penciptanya. Bahkan, banyak pula yang beranggapan bahwa robot mengancam keselamatan manusia, seperti pada kisah-kisah film fiksi ilmiah.
Namun di balik perkembangannya yang pesat, tumbuh ketakutan yang memposisikan robot sebagai pesaing manusia selaku penciptanya. Bahkan, banyak pula yang beranggapan bahwa robot mengancam keselamatan manusia, seperti pada kisah-kisah film fiksi ilmiah.
BAB
2
TREND TI DALAM BIDANG MEDIA/NEW
MEDIA
Seiring dengan perkembangan
teknologi pada saat ini, informasi sangat di butuhkan dalam kehidupan
sehari-hari masyarakat. Media massa merupakan alat bantu utama dalam proses komunikasi
massa, sebab komunikasi massa sendiri secara sederhana berarti, kegiatan
komunikasi dengan menggunakan media massa. Selain itu, media massa hanya
menampilkan informasi yang variatif dengan sajian-sajian informasi yang lebih
aktual.
Perkembangan media masa saat ini
merupakan kebutuhan, dalam mendukung berbagai aktifitas masyarakat urban. Dalam
era global saat ini teknologi yang berkembang, kian memudahkan masyarakat dalam
memperoleh informasi secara cepat dan mengikuti perkembangan . Media massa, seperti
halnya pesan lisan dan isyarat sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari
komunikasi manusia.
Perkembangan teknologi menyebabkan
munculnya beragam penggunaan bahasa sesuai dengan media yang digunakan.
Teknologi informasi menjadi babak baru tata dunia dan perkembangan komunikasi
manusia. Revolusi komunikasi ini apabila diurutkan dapat dimulai dari tahap
pralisan, lisan, tulisan, cetakan, media massa, cybernetic hingga media
elektronik.
MANFAAT MEDIA
MANFAAT MEDIA
Media merupakan pembelajaran dalam
proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,
membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahwa membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada
orientasi pembelajaran akan sangat membantu keaktifan proses pembelajaran dan
menyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan
motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa
mengingkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercahaya
TANTANGAN NEW MEDIA
New media sendiri lahir dari
istilah”konvergensi”. Konvergensi diartikan sebagai cara menyajikan konten
berita melalui platform media yang beragam dalam satu kesatuan (usaha) maupun
komando (cara kerja di News Room), menghadirkan konten yang beragam kepada
khalayak yang beragam pula sesuai minat dan media yang digunakan (elektronik,
online, mobile).
Maka tidak mengherankan jika saat
ini komputer dapat difungsikan sebagai pesawat televisi, atau telepon genggam
dapat menerima suara, tulisan, data maupun gambar tiga dimensi (3G). Dalam
dunia penyiaran, digitalisasi memungkinkan siaran televisi memiliki layanan
program seperti layaknya internet. Cukup dengan satu perangkat, seseorang sudah
dapat mengakses surat kabar, menikmati hiburan televisi, mendengar radio,
mencari informasi sesuai selera, dan bahkan menelpon sekalipun.
Konvergensi sendiri dianggap jalan
keluar jika kita bicara media print, media elektronik, maupun media online.
Orang menganggap dengan mengkonvergensi beberapa bentuk media, maka tugas
mereka dalam menciptakan media baru bisa dinyatakan selesai.
Menurut Preston, 2001, Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology / ICT) selama dekade terakhir membawa tren baru di dunia industri komunikasi yakni hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. Pada dataran praktis maupun teoritis, fenomena yang sering disebut sebagai konvergensi media ini memunculkan beberapa konsekuensi penting. Di ranah praktis, konvergensi media bukan saja memperkaya informasi yang disajikan, melainkan juga memberi pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan selera mereka. Tidak kalah serius, konvergensi media memberikan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik yang bersifat visual, audio, data dan sebagainya.
Menurut Preston, 2001, Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology / ICT) selama dekade terakhir membawa tren baru di dunia industri komunikasi yakni hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. Pada dataran praktis maupun teoritis, fenomena yang sering disebut sebagai konvergensi media ini memunculkan beberapa konsekuensi penting. Di ranah praktis, konvergensi media bukan saja memperkaya informasi yang disajikan, melainkan juga memberi pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan selera mereka. Tidak kalah serius, konvergensi media memberikan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik yang bersifat visual, audio, data dan sebagainya.
ELEMEN MEDIA
Komunikator
Komunikator dalam komunikasi massa
sangat berbeda dengan komunikator komunikasi yang lain, komunikator disini
meliputi jaringan, stasiun lokal, direktur dan staf teknis yang merupakan
bagian dari lembaga media massa. Bersifat mencari keuntungan tidak hanya
menyampaikan informasi, karena keuntungan tersebut merupakan sumber kehidupan
dan kelangsungan hidup media itu sendiri.
Isi
Masing-masing media massa mempunyai
kebijakan sendiri dalam melakukan pengelolaan isi. si atau content suatu media
massa tidak pernah sama antara yang satu dengan yang lainnya, sebab dalam
melayani masyarakat yang beragam juga menyangkut individu atau kelompok sosial.
Umpan Balik
Umpan Balik
Umpan balik yang terjadi di media
komunikasi massa adalah umpan balik tidak langsung, jadi komunikan memberikan
reaksi kepada komunikator dalam jangka waktu tertentu dan tidak langsung
seperti dalam komunikasi tatap muka. Jadi umpan balik tidak langsung bisa
dikatakan sebagai ciri utama komunikasi massa.
Gangguan
Gangguan dalam komunikasi massa
bisanya selalu ada, semakin kompleks teknologi yang digunakan masyarakat
semakin besar pula peluang munculnya gangguan serta semakin banyak variasi
program acara yang disajikan maka semakin meningkat munculnya gangguan.[1][5]
Gangguan dalam komunikasi massa terbagi menjadi dua macam yakni gangguan
saluran dan gangguan semantik. Gangguan saluran ini dibagi menjadi dua yakni ganguan
dalam dan gangguan luar.
Pengatur
Ada pola hubungan yang saling
terkait antara media massa dengan pihak lain, pihak lain yang dimaksud adalah
pemerintah dan masyarakat. Hubungan ini biasanya selalu berjalan tidak harmonis
karena masing-masing pihak memiliki perbedaan tuntutan dan saling menguasai
satu sama lain.
Filter
Filter adalah kerangka pikir melalui
mana audience menerima pesan, filter ibarat sebuah bingkai kacamata tempat
audience bisa melihat dunia. Hal ini berarti dunia rill yang diterima dalam
memori sangat tergantung dari bingkai tersebut.
Media
Dalam komunikasi massa, media adalah
alat yang dapat menghubungakan antara sumber dan penerima yang sifatnya
terbuka, di mana setiap orang dapat melihat, membaca dan mendengarnya. Media
dalam komunikasi massa dibedakan menjadi dua macam, yaitu media cetak (misalnya
surat kabar dan majalah) dan media elektronik (misalnya radio dan televisi).
Efek
efek media massa memiliki tipologi
yang mana terdiri dari empat bagian yang besar. Pertama, efek media merupakan
efek yang direncanakan sebagai sebiah efek yang diharapkan terjadi baik oleh
media massa sendiri ataupun orang yang menggunakan media massa untuk kepentingan
berbagai penyebaran informasi.
Daftar pustaka
http://alfiansyahdimarty.blogspot.co.id/2016/12/tren-perkembangan-sistem-teknologi.html
http://wahyuluonet.blogspot.co.id/2016/12/trend-sistem-informasi-dan-teknologi.html
https://dailysocial.id/post/apa-itu-seo
http://wahyuluonet.blogspot.co.id/2016/12/trend-sistem-informasi-dan-teknologi.html
https://dailysocial.id/post/apa-itu-seo